DIDUGA PEJABAT PEMBUAT DOKUMEN ( PPK ) KURANG TEGAS DAN TEGURAN TERHADAP KONTRAKTOR PELAKSANA

SANGATTA-KUTIM, Sesuai dengan ketentuan perundangan – undangan tentang pengadaan barang/jasa dan jasa kontruksi bahwa kontraktor diharuskan melakukan masa perawatan setelah masa pekerjaan yang disesuaikan dengan ketentuan perikatan – perikatan dalam dokumen kontrak.

Begitu santainya saat ditemui di ruang kerjanya pejabat pembuat komitmen ( PPK ) proyek peningkatan Jl. Apt. Pranoto No. Kontrak : 600.620/921/PNK.JLN-APT.P/BM/DPU-KT/VI/2012 dan nilai penawaran kontrak Rp  10.871.675.000,- oleh PT. Harlis Tata Tahta.

PPK proyek tersebut bernama Bapak Nanang Yusuf, ST saat ditemui di ruang kerjanya (04/04/2013) mengatakan bahwa mengenai masa perawatan merupakan kewajiban PT. Harlis Tata Tahta selaku kontraktor pelaksana dan akan tetap diperbaiki yang rusak dan demikian yang terindikasi akan terjadi kerusakan dan masa perawatan proyek tersebut enam bulan,” Tuturnya “

Lanjut PPK proyek tersebut Bapak Nanang Yusuf, ST belum tahu kapan kontraktor pelaksana melakukan perbaikan yang telah rusak sekaligus terindikasi rusak  dan telah di ketahui bahwa  proyek tersebut telah rusak sekaligus terindikasi rusak, tetapi sudah di sarankan  kepada PT. Harlis Tata Tahta untuk memperbaiki yang telah rusak sekaligus terindikasi rusak,”Ungkapnya”.

Itulah salah satu dugaan bahwa hampir semua PPK di Dinas Pekerjaan Umum Kab. Kutai Timur kurang tegas terhadap kontraktor pelaksana mengenai teguran dan penegasan masa perawatan proyek sehingga proyek masih seumur jagung sudah rusak dan sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan khususnya yang menggunakan kendaraan bermotor.

Sepatutnya PT. Harlis Tata Tahta sudah tidak dipakai lagi jasanya karena proyek pembangunan Jalan IA. Muis Patung Burung Tahap I diduga sudah melanggar ketentuan – ketentuan dokumen kontraknya karena awalnya kerusakan masih kecil tetapi tidak adanya masa perawatan sehingga makin hari makin melebar .

Saat di temui  KaBid Bina Marga  Dinas Pekerjaan Umum Kab. Kutai Timur  di Kantornya, mengatakan bahwa PPK yang sama dengan proyek peningkatan Jl. Apt. Pranoto dengan Jalan IA. Muis Patung Burung Tahap I.

Ketua Pemuda Peduli Pembangunan Kab. Kutai Timur ( PPPKT/P3KT ) , Lukman saat ditemui Team Teropong bahwa sudah tiga kali menemui  dan menyarankan PPKnya Pak Nanang Yusuf, ST proyek peningkatan Jl. Apt. Pranoto No. Kontrak : 600.620/921/PNK.JLN-APT.P/BM/DPU-KT/VI/2012 dan nilai penawaran kontrak Rp  10.871.675.000,- oleh PT. Harlis Tata Tahta agar jalan yang rusak diperbaiki  kontraktor pelaksana dan yang terindikasi rusak dibongkar lalu dikerjakan ulang namun sampai saat ini PPKnya Pak Nanang Yusuf, ST tidak ada tindak lanjut dan ketegasan terhadap kontraktor pelaksana PT. Harlis Tata Tahta,”Pintanya”.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s